Wednesday 22 February 2012

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Vokal

           Setiap manusia memiliki ketinggian suara yang berbeda-beda. Ada yang melengking-lengking dan ada juga yang biasa-biasa saja. Faktor utama yang mempengaruhi ketinggian vokal suara seseorang adalah tipis tebalnya pita suara yang dimiliki orang tersebut. Semakin tipis pita suara seseorang semakin tinggi jangkauan suara yang bisa dihasilkan ( contohnya : vokalisnya serious band ). 
          Suara manusia semakin bertambah ketebalan pita suaranya seiring dengan pertumbuhan usia. Oleh karena itu jangan heran kalau dulu kita bisa mencapai puncak klimaks yang tinggi dan tiba-tiba saja sekarang tidak bisa, hal itu dikarenakan oleh faktor usia dan latihan serta perawatan yang sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya. Kenapa suara vokal wanita lebih tinggi ketimbang suara vokal pria ?. jawabannya adalah karena pita suara wanita lebih tipis dibandingkan pita suara pria. Dan untuk mendapatkan perfom vokal yang baik, jangan pernah anda memaksakan diri untuk mencapai ketinggian suara asli di luar kemampuan anda, sebab akibatnya akan parah sekali 
1. Fals
2. Perform jelek
3. Kualiats musik menjadi buruk
4. Tidak mendapatkan penjiwaan yang baik dari lagu yang dinyanyikan 
            Hal yang akan ditimbulkan apabila seseorang memaksakaan suaranya yaitu : radang tenggorokan, dan anda bisa mendapatkan penyakit brooming ( yaitu penyakit cekung ) sebuah kondisi ketika si penyanyi tersebut sangat sukar untuk memproduksi nada yang tepat dan indah.

0 comments:

Post a Comment