Rabu, 14 Maret 2012

Tips menyanyikan nada-nada tinggi

     Salah satu rintangan yang paling sulit bagi seorang penyanyi adalah bagaimana caranya menyanyikan nada-nada tinggi. Ini bisa menjadi hal yang menakutkan, mengingat bahwa kita tidak sering menggunakan suara kita seperti ini untuk percakapan sehari-hari. Namun, salah satu alasan paling umum yang menyulitkan kita dalam menyanyikan nada nada tinggi adalah ketegangan yang terjadi pada laring serta kurangnya fokus pada daerah resonator (daerah getaran suara).
        Di sini akan diberikan beberapa tips dan trik yang akan membantu Anda melepaskan ketegangan tersebut, serta membuat suara Anda lebih resonan dan dapat menjangkau nada tinggi dengan mudah bahkan lebih mudah dari yang Anda bayangkan.

  • WARM UP haruslah hal pertama yang harus  Anda lakukan terlebih dahulu sebelum anda melakukan segala bentuk  kegiatan bernyanyi, ini  merupakan hal yang sangat penting, dan besar  manfaatnyar. Sama seperti seorang atlet perlu peregangan dan pemanasan otot agar mendapatkan hasil  yang terbaik bagi mereka, demikian juga seorang penyanyi perlu peregangan dan pemanasan otot-otot yang akan digunakan untuk bernyanyi.  Bernyanyi tanpa pemanasan dapat menyebabkan perasaan 'berat' pada suara dan tubuh, dan dapat menyebabkan kerusakan pada alat vokal anda. Pemanasan yang sederhana tapi paling efektif adalah dengan melakukan HUMING: “Hmmmm” atau  “NG” dengan menirukan bunyi /suara sirene, atau bisa juga dengan bersenandung lembut.

  • Guna memberikan dukungan yang cukup untuk produksi suara dan power yang dibutuhkan untuk menyanyi nada-nada tinggi tentunya, maka  MEMPERBAIKI TEKNIK PERNAFASAN sangatlah  penting.Pastikan bahwa anda bernafas dengan cara mengembangkan perut dengan posisi tulang rusuk yang lebih rendah. Bayangkan sebuah balon di tengah dada Anda mengembang kesegala arah  diisi oleh napas Anda. Hal ini dimungkinkan karena posisi tulang rusuk dan perut anda memperluas paru-paru Anda sehingga dapat menghirup udara dengan lebih efisiensi sehingga  volume yang didapatkan lebih besar. Menyanyi dengan baik ditentukan oleh teknik pernapasan yang baik.  Jika anda menggunakan cara bernapas yang salah dalam bernyanyi maka anda akan menderita.

  • Pastikan daerah sekitar tenggorokan Anda rileks dan terbuka seperti Anda mempersiapkan diri kala hendak menyanyi. Terlalu banyak energi yang dikeluarkan atau berusaha terlalu keras, bisa menyebabkan penyanyi menjadi tegang, sehingga  untuk  mengeluarkan nada dari tenggorokan mereka dengan cara memaksa dan menkan agar bisa menghasilkan nada-nada tinggi keluar dari tenggorokan mereka. Menyanyi nada tinggi haruslah sama seperti  juga menyanyi dalam kisaran nada yang lebih rendah. Untuk membuka tenggorokan dan membuat laring lebih rileks, bayangkan seperti ketika Anda akan menguap. Jika Anda melihat di cermin ketika Anda menguap, Anda akan melihat bahwa “lembaran”  dari 'otot' yang menempel pada  bagian atas tenggorokan. Ini adalah 'langit-langit lunak' Anda, dengan  meninggikan posisinya maka akan membantu Anda lebih mudah dalam mengakses rongga resonansi di wajah dan kepala Anda. Sekarang, tempatkan  telunjuk dan jari tengah Anda pada bagian  tengah leher dan cobalah lakukan gerakan seperti menelan. Maka akan terasa  bergelombang 'gerakan naik dan turun di tenggorokan Anda itu adalah laring Anda. Kali ini, dengan jari-jari Anda masih di depan tenggorokan Anda, cobalah untuk menguap. Perhatikan bagaimana laring Anda bergerak ke bawah.
Ref : http://sekolahvokal.blogspot.com/2011/05/bagaimana-menyanyikan-nada-tinggi_08.html

0 komentar:

Poskan Komentar