Sunday 5 May 2013

Kofipon (Komunitas Fotografi Ponsel)

Hai Sobat blogger,, apa kabarnya??

Sudah lama saya tidak posting diblog saya, kita mulai saja yah?!

Postingan kali ini mengenai sebuah komunitas yang saya geluti akhir-akhir ini.

Photografi yang dulu saya kira hanya menggunakan SLR (Single Lens Reflex) ternyata bisa disiasati dengan menggunakam kamera ponsel.
belajar fotografi tidak perlu mahal dengan adanya kamera ponsel yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. namun ada perbedaan antara kamera ponsel dengan SLR pada umumnya.
berikut ini repost dari grup kofipon melalui wawancara antara wartawan TNOL dan pendiri Kofipon yang saya ambil dari grup pusat Kofipon.

Catatan ini berdasarkan hasil wawancara antara Novri Yadi (http://www.facebook.com/profile.php?id=1586469769), wartawan TNOL.co.id dengan Beni S. Toni (http://www.facebook.com/beni.s.toni?ref=tn_tnmn) di Jakarta pada Juli 2011 yang dimuat di situs "TNOL Portalnya Komunitas" (http://www.tnol.co.id/id/community/interestgroup/10175-memotret-pakai-hp-bareng-kofipon.html).



Siapa bilang keterbatasan alat selalu menjadi penghambat bagi seseorang untuk berkarya atau berkreasi? Soalnya, kalau kita memang memiliki niat yang kuat dan juga mau berusaha dengan maksimal, maka apa pun yang kita kerjakan pasti akan menghasilkan suatu karya yang patut dibanggakan. Begitu juga dalam memotret. Walaupun cuma pakai kamera hp, tapi kalau kita memang melakukannya dengan penuh minat, kita pasti akan bisa menghasilkan karya yang bernilai seni yang tinggi.

Jadi, kalau Anda ingin menekuni hobi fotografi, harap diingat bahwa belajar fotografi itu ternyata tidak harus memiliki peralatan yang serba mahal. Tidak perlu memiliki kamera SLR (Single Lens Reflex), flash ataupun seperangkat lensa-lensa yang panjang dan besar. Sebab ternyata, kita juga bisa menghasilkan sebuah karya foto yang menarik, meski dengan alat fotografi yang seadanya.

Contoh nyata dari hal itu adalah apa yang telah dilakukan oleh Komunitas Fotografi Ponsel (Kofipon), kendati mereka tidak memiliki kamera SLR serta perangkatan pendukung lainnya, toh mereka tetap bisa berkarya dan menghasilkan foto-foto yang patut diacungi jempol.

“Sebenarnya, kunci mempelajari fotografi bukan tergantung pada alat, tetapi tergantung pada bagaimana kita bisa menciptakan komposisi gambar yang bagus,” jelas Beni Sjamsuddin Toni, pendiri Kofipon.

Komunitas ini berdiri pada tahun 2009. Saat itu, Beni yang kebetulan memiliki hobi fotografi, ternyata harus menerima kenyataan bahwa dirinya belum bisa memiliki kamera SLR, kamera yang umum digunakan oleh fotografer profesional. Tidak berputus asa, ia pun nekad menggunakan kamera handphone untuk menyalurkan hobi “jeprat-jepret”nya itu. “Setelah dicoba, ternyata hasilnya cukup bagus,” kata Beni.

Akhirnya, pada tanggal 17 September 2009, ia pun mencoba membentuk sebuah komunitas  fotografi handphone melalui situs jejaring sosial ternama. Ternyata peminatnya cukup banyak. Buktinya, saat ini jumlah orang yang bergabung dengan Kofipon tercatat sudah mencapai 1.240. Tidak hanya itu, Kofipon pun saat ini telah memiliki tiga cabang di Indonesia yakni di Medan, Pekanbaru dan Semarang.

“Alasan saya membentuk komunitas ini, adalah untuk mewadahi orang-orang yang ingin belajar fotografi namun belum memiliki peralatannya,” jelas Beni.

Menurut Beni, menggunakan kamera ponsel ternyata memiliki banyak keuntungan, selain lebih murah, ternyata menggunakan kamera ponsel lebih praktis dan simpel, berbeda jika menggunakan kamera SLR yang dinilai lebih berat dan memakan tempat.

”Pokoknya kalau menggunakan kamera handpone kita tidak akan kehilangan moment,” jelas Beni.

Namun diakui Beni, menggunakan kamera handphone memang memiliki kekurangan, selain kurang sensitif terhadap cahaya, kamera handphone juga masih banyak yang memiliki pixel yang rendah.

“Tetapi walaupun memiliki kekurangan, justru membuat kami menjadi kreatif untuk menyiasatinya,” kata Beni.



tertarik dengan fotografi?? tak perlu sungkan dengan menggunakan kamera ponsel kamu. Dibandingkan dengan kehilangan momen - momen berharga yang terjadi disekitaran kita. Hanya saja jelas dibilang tak sebanding dengan apa yang didapatkan dari hasil foto seperti SLR. Namun hal ini tidak akan pernah melewatkan setiap momen-momen yg terjadi di sekitar kita...
sesuai dengan Slogan Kofipon


"Bukan masalah kameranya, tapi siapa di belakang kamera itu yang mengambil gambar!"


ok,,, sampai bertemu di postingan berikutnya yah??

0 comments:

Post a Comment