Wednesday 14 November 2012

Tips Membeli Gitar Akustik

Buat temen2 yang berencana mau ganti gitar atau mau beli gitar baru, saya saranin baca tips berikut ini sebelum berangkat ke toko musik. Supaya ga nyesel nantinya kalau kita salah pilih gitar.

      Sebenarnya beberapa gitar merek tertentu, mempunyai kualitas yang baik di setiap produknya. Tapi merek bukan jadi patokan kualitas gitar, begitu juga harganya. Gitar mahal belum tentu bagus. Iya khan? Nah jadi sekarang sebelum berangkat, baca dulu deh.

Yang perlu diperhatikan sebelum beli gitar akustik :


1. Bahan gitar
Pilih bahan yang kuat, biasanya terbuat dari kayu lapis/triplek. Usahakan pilih yang tebal dan mempunyai daya akutik yang baik. Sehingga suaranya terdengar jernih.

2. Neck dan fretboard
Pilih neck (stang/leher gitar) yang lurus dan terbuat dari bahan yang kuat, jadi ga gampang bengkok atau patah. Beberapa merek biasanya menaruh besi seperti pada neck gitar listrik.

3. Tuning peg

Pilih tuning peg (puteran senar) yang bahannya ga gampang berkarat, jadi mempermudah pas mau nyetem.

4. Jumlah fret
Gitar akustik biasanya memiliki 17-18 fret untuk yang Nylon. Untuk yang steel string biasanya lebih banyak. Trus coba juga mainkan tiap fretnya, untuk menghindari adanya fret yang false.

5. Senar
Senar nylon biasanya lebih lentur dan awet, tapi suaranya ga begitu "cempreng" . Karakternya soft. Untuk yang steel string biasanya memang lebih boros senar. Pilih gitar dengan pilihan senar sesuai kebutuhan.

6. Warna dan Bentuk
Kalo soal warna dan bentuk, ini sih selera masing2 aja. Yang penting bahan catnya yang bagus, jadi ga gampang kusam dan gores.


1 comments: