Monday 19 March 2012

Sejarah Musik Arab


A. Masa Prasejarah (300-1000 SM)
          Penemuan arkeologi bahwa di arab selatan pada awal abad 10 SM terdapat kota-kota besar. Namun tentang musik mereka tidak diketahui banyak . Menurut cerita, tumbal anak lamak menemukan tamburin (cluff) serta gendang (tabl) ; adiknya Dilal menemukan Lyra (mi’zat) serta ayah mereka yang menciptakan lute (‘ud). Pengaruh timbal-balik tampak pada nama beberapa alat musik Arab yang dipakai di lain tempat dengan nama yang berbeda-beda. Gendang yang dalam bahasa arab namanya tabl dengan bahasa Ibrani disebut tibela, dengan bahasa Syria tabla, dalam bahasa Babylon , as-sira tabulla (India namanya tabla) di Turki dawul dan Persia (duhul).
            Sumber utama tentang musik arab terdapat pada prasasti Asyria dari abad ke 7 SM dimana disebut bahwa orang tahanan Arab bekerja sambil bernyanyi. Sebelum lahir agama islam tampaknya orang-orang Arab memakai musik juga untuk agama animis, seperti halnya dalam kebudayaan sekitarnya.

B. Abad-Abad Sebelum Lahirnya Agama Islam (Abad 1-7 M)
          Di Arab Barat musik berpusat pada kota Ukas dan Mekkah. Ukas merupakan pusat perdagangan dimana penyair dan pemusik berkumpul untuk berlomba. Sedangkan Mekkah berkembang sebagai pusat agama Arab dan tempat ziarah. Bentuk nyanyian Arab pada waktu itu terdiri dari tarji (refren) serta jawaban (jawaban) suku kata akhir diperpanjang dengan nada tinggi yang disertai tudhri (zuiller). Metrum ditentukan oleh alat perkusi : gendang (tabl), duff (tamburin) qadib. Alat musik lain ialah qussaba dan mizmar (dua jenis suling).

C. Musik Islam Serta Sekolah Musik Klasik Arab
Musik juga dipaki dalam ibadat. Sejak awal adhdan dinyanyikan lagunya (talhin) mula-mula sedih, namun makin melodrus. Berkembanglah taahbir (pola pembawaan) untuk Al-Qur’an terdiri dari semacam lagu resiatif dengan modulasi-modulasi arra’a.
            Ciri khas musik duniawi yang paling menonjol waktu itu ialah nyanyi tunggal dengan iringan lute. Pemusik paling terkenal dari waktu itu bernama Ibn Misdschah (wafat 715 M). Dialah pelopor musik klasik Arab dan mungkin sekali dialah yang pertama kali mengatang suatu teori tentang musik. Sistem Ibn Midschah terdiri dari 8 modi jari (asab’) untuk Tunbur dan Al‘ud yang dipakai oleh para pemusik arab sampai abad 11. Modi atau skala nada Ibn Midschah identis dengan modi yunani serta tangga nada gregorian kecuali satu. Atas dasar modi inilah disusun pola melodi yang dibawakan  dengan triller, modern, glissando, appoggiatura, serta segala bentuk hiasan yang disebut zawaid oleh orang Arab atau tioritura oleh orang Italia.

D. Masa Pasca Jaya Dan Pengaruh Musik Yunani
          Pada tahun 847 M pengatuh politis islam mulai turun. Mulai sekitar tahun 950 M musik vokal yang hingga saat itu selalu diutamakan dipojokkan dengan musik instrumental, berkat pengaruh dari Persia , Turki, dll. Bentuk musik yang paling tersebar diwaktu itu ialah nauba, semacam suitu, terdiri dari beberapa bagian. Tiap bagian diawali dengan tanqu atau intro (instrumental) untuk memberi kesempatan pada pemain untuk main secara teratur. Al ‘Ud dan Tumbur tetap disenangi, namun disampingnya berkembang pula instrument lain , qanun (psalterium berbentuk segitiga).

E. Musik Arab di Spanyol dan Pengaruh Musik Eropa
            Pada tahun 713 m Spanyol dikuasai oleh Arab. Dan tahun 755 di Cordoba didirikan khalifah (pemerintahan) sendiri. Dan didirikanlah sekolah di Cordoba dan Cordoba pun menjadi pusat musik yang penting. Tokoh terbesar  yang terkenal saat itu yaitu Alfarabi (alphabirus). Dua karya Alfarabi yang terkenal dan sudah diterjemahkan dari bahasa arab ke bahasa latin berjudul De Scientiis (berarti ilmu-ilmu) dan De Ortu Scientiarum (berarti tentang asal ilmu-ilmu). Teori arab merupakan sumber perkembangan ilmu akustik di Eropa.
            Alat musik yang berasal dari Arab dan berkembang  di Eropa antara ain laud (spanyol) yang berasal dari Al ‘Ud dengan fret-fret menurut tangga nada Phytagoras, Rebec yang berasal dari rebab Arab yang merupakan alat musik gesek sebelum munculnya biola.a
 

Saturday 17 March 2012

40 Fakta Aneh dan Unik

Disini terdapat berbagai fakta yang ada di dunia ini, jadi semuanya sudah di berdasarkan apa yang terjadi di masanya.. mmmmm, terkadang ada juga yang tidak masuk di akal..
Berikut Fakta tersebut :
1. Cocacola dulu berwarna hijau.
2. Nama yang paling umum digunakan di dunia adalah Mohammed.
3. Dalam bahasa inggris, semua nama benua diawali dan diakhiri dengan huruf vokal yang sama.
4. Otot terkuat yang ada di badan kita adalah lidah.
5. Setiap orang di USA punya 2 kartu kredit !
6. TYPEWRITER adalah kata terpanjang yang dapat diketik dalam satu baris tuts keyboard anda.
7. Perempuan ngedip dua kali lebih banyak dari pada laki-laki.
8. Menahan nafas tidak akan membuatmu mati.
9. Setiap manusia tidak dapat menjilat siku tangannya sendiri.
10. Kalau ada orang mengucapkan doa setiap kali ada yang bersin karena memang setiap kali kau bersin, jantungmu berhenti satu mili-deteik.
11. Secara fisik, setiap babi tidak bisa melihat ke langit.
12. Ucapkan “sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick” beberapa kali. Nanti anda akan mahir berbahasa inggris !
13. Bersin terlalu keras dapat mematahkan tulang iga, memutuskan pembuluh darah di kepala atau leher dan mengakibatkan kematian.
14. Setiap raja dalam kartu remi melambangkan raja-raja besar jaman dahulu kala:
Raja sekop – Raja Daud
Raja kriting – Alexander Agung
Raja hati – Raja Charlemagne
Raja wajik – Julius Caesar
15. 111,111,111 x 111,111,111 = 12,345,678,987, 654,321
16. Kalau ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang.
17. Kalau kaki kudanya cuma satu yang diangkat berarti orang itu cuma terluka dalam perang.
18. Kalau semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal karena sakit.
19. Apa persamaan rompi anti peluru, printer laser, tangga darurat dan wiper mobil? Jawabannya : semua ditemukan oleh perempuan ! Ha !
20. Satu-satunya makanan yang tidak bisa busuk? Jawaban : madu.
21. Buaya nggak bisa melet lidah.
22. Siput bisa tidur selama 3 tahun.
23. Semua beruang kutub KIDAL!
24. American Airlines menghemat $40,000 tahun 1987 dengan cara mengurangi 1 buah olive dari setiap piring salad yang mereka sajikan untuk penumpang kelas 1.
25. Indera perasa kupu-kupu ada di kaki.
26. Gajah adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa lompat.
27. Selama 4000 tahun belakangan ini, jenis hewan yang dipelihara di rumah cuma itu-itu saja.
28. Rata-rata manusia lebih takut pada laba-laba daripada kematian.
29. Shakespeare menemukan kata : “Assassination” dan “bump”.
30. Dengan menggunakan cara mengetik 10 jari, STEWARDESSES adalah kata terpanjang yang bisa diketik hanya dengan jari-jari tangan kiri.
31. Semut selalu jatuh ke kanan setiap kali disemprot cairan anti hama.
32. Kursi listrik ditemukan oleh seorang dokter gigi.
33. Jantung manusia dapat menyemprotkan darah sejauh 30 kaki.
34. Dalam 18 bulan, 2 ekor tikus bisa punya lebih dari sejuta anak tikus!
35. Memakai headphone selama satu jam dapat menstimulasi perkembangan bakteri dalam telinga sebanyak 700 kali lipat!
36. Pemantik ditemukan sebelum korek api.
37. Setiap lipstik mengandung sisik ikan.
38. Seperti sidik jari, lidah manusia pun mempunyai kontur yang berbeda-beda.
39. 99% orang yang membaca tulisan ini mencoba mengalikan fakta no. 15.
40. Dan akhirnya, 99% orang yang baca tulisan ini pasti mencoba menjilat siku tangannya

Ref : http://andiherman.wordpress.com/2009/02/03/40-fakta-aneh-dan-unik/

Friday 16 March 2012

29 Fakta Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Facebook




  1. 1 dari 13 orang di dunia saat ini memiliki sebuah akun Facebook. Lebih dari separuhnya log in setiap hari.
  2. 2% dari seluruh pencarian di Google tahun 2010 lalu mengandung kata Facebook.
  3. 4 Februari 2004 adalah tanggal ketika Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook kala dia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard.
  4. Rata-rata 8 friend request dikirimkan oleh seorang pengguna Facebook tiap bulan.
  5. Mark Zuckerberg memiliki 24% saham di Facebook. Salah satu pemilik saham yang lain adalah Microsoft dengan jumlah 1,3%.
  6. 25% perusahaan dilaporkan menolak pelamar setelah menyelidiki profil Facebook mereka.
  7. 27% user Facebook tidak menampilkan status relasi mereka
  8. 42% pria dan 63% wanita mengaku memakai Facebook untuk mencari mantan kekasih.
  9. Facebook diterjemahkan dalam 76 bahasa.
  10. Pengguna Facebook tertua berumur 104 tahun. Dia adalah Lilian Lowe yang berasal dari Wales.
  11. Rata-rata pengguna Facebook punya 130 teman.
  12. Facebook mempekerjakan 1700 karyawan di 12 negara.
  13. Sebanyak 66.168 foto ditag di Facebook setiap menit.
  14. 2.176.000 pesan privat dikirim via Facebook setiap 20 menit.
  15. 35 juta orang mengubah status Facebooknya setiap hari.
  16. 38 juta user Facebook mengunjungi halaman ‘Texas HoldEm Poker’ setiap bulan.
  17. Facebook diestimasi bernilai 32 miliar poundsterling.
  18. Sekitar 400 juta orang “login” ke facebook mereka sedikitnya sekali dalam sebulan. 50% dari mereka bahkan setiap hari login ke facebook.
  19. Facebook merupakan sensasi international, 70% penggunanya hidup di luar Amerika Serikat, sedangkan facebook sendiri memiliki lebih dari 70 pilihan bahasa.
  20. Setengah dari penduduk Denmark memiliki facebook account yang aktif. (sekitar 2.421.380 orang dari 5.484.723 total penduduk).
  21. Facebook menempati urutan kedua traffic website terbesar, setelah google di urutan pertama. youtube di posisi 3, sedangkan twitter peringkat 11, dan myspace di urutan 19.
  22. Di tahun 2006, Yahoo pernah menawarkan kepada Zuckerberg, $1 Juta untuk saham facebook tapi ditolak. Tahun 2009, facebook dibandrol dengan harga $4 Juta, sedangkan hari ini diperkirakan harganya sekitar $7.9 – $11 juta.
  23. Pages Michael Jackson di facebook berada di urutan pertama yang paling dikunjungi. Di urutan kedua, Homer Simpson, page facebook sendiri di urutan ke-3, kemudian Barrack Obama di posisi ke-4 dan Starbucks Coffee di urutan 5.
  24. Total Jumlah waktu bulanan yang telah dihabiskan semua user facebook adalah : 8,3 milyar jam.
  25. Di Inggris dan Amerika rata-rata pengguna Facebook berusia 31 tahun, namun di negara seperti India, Filipina, dan Indonesia rata-rata usia 20 tahunan.
  26. Rata-rata pengguna Facebook di Indonesia adalah 23 tahun. Negara berkembang lainnya seperti Filipina, India, dan Afrika Selatan sedikit lebih tua yakni 25 tahun.
  27. Indonesia menempati rangking kedua jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia dengan lebih dari 35 juta pengguna
  28. 48% dari pemuda berusia 18 sampai 34 tahun mengecheck Facebook ketika bangun tidur.
  29. 28% mengecheck Facebook dengan smart phones sebelum bangun dari tempat tidur.

Ref : http://social-media.lintas.me/go/masuta-fenesia.blogspot.com/29-fakta-yang-mungkin-belum-kamu-ketahui-tentang-facebook/

TIPS SEO-Cara cepat/instan untuk Menaikkan pagerank

Berbagai cara cepat dan instan untuk meningkatkan page rank dan trafik blog atau website selalu cara yang paling di cari-cari. Sekali lagi, saya akan berbagi pengalaman kepada sobat sekalian mengenai cara cepat meningkatkan page rank dan traffic blog hanya dalam satu cara.
Cara cepat meningkatkan page rank dan traffic blog, hanya diperuntukkan bagi anda yang menginginkan page rank dan traffik blog secara instan. Cara cepat meningkatkan page rank dan traffic blog adalah dengan cara penyebaran link menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM). Untuk tips kali ini saya mau mencoba mengajak anda semua untuk memanfaatkan kedahsyatan faktor kali dan kecepatan penyebaran ini dalam bentuk backlink.
Cara Cepat Meningkatkan Page Rank Dan Traffic Blog ternyata cukup mudah. Yang perlu anda lakukan adalah meletakkan link-link berikut ini di blog atau artikel atau silahkan langsung COPAS (copy Paste) artikel ini.
- SEOjaguars
- Iklan baris
- Ki Dukun
- Blogobusiness
- Rosandika
- Brojomusti
-Zona Tutorial Bisnis
-Ilmu
-Sang Pengawas
-Gendhogo Al-Ikhlas
-Gema Hati
-Blogger Indonesia
-SEO macan
-Pakde SEO
-Intuisi
-The mask
-Aku adalah sebuah musik , Tuhan adalah composer hidupku.


ATURAN MAIN NYA:
Cara Kerja, pertama-tama anda meletakkan link blog anda beserta anchor text seperti susunan diatas, kemudian anda hapus nomer urutan pertama (palink atas) dari daftar, sehingga semua peserta naik 1 level.Yang semula berada di nomor 1 jadi nomor 2, nomor 2 jadi 3, dst. Kemudian masukkan link blog anda di posisi paling bawah atau urutan terakhir.
Jika tiap peserta mampu mengajak 5 orang saja, maka jumlah backlink yang akan kita peroleh adalah:
Ketika posisi blog anda 1, jumlah backlink = 1
Posisi 2, jml backlink = 5
Posisi 3, jml backlink = 25
Posisi 4, jml backlink = 125
Posisi 5, jml backlink = 625
Posisi 6, jml backlink = 3,125
Posisi 7, jml backlink = 15,625
Posisi 8, jml backlink = 78,125
Posisi 9, jml backlink = 390,625
Posisi 10, jml backlink = 1,953,125
dst.
Jika anda memasang sampai posisi 10 saja, dan semuanya menggunakan kata kunci (anchor text) yang anda inginkan. Dari sisi SEO, anda sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efek sampingnya jika pengunjung web para downline anda mengklik link itu, otomatis blog anda akan mendapat tambahan traffic.
Nah, silahkan copy paste artikel Cara Cepat Meningkatkan Page Rank Dan Traffic Blog, dan ikuti sesuai peratuaran di atas. Ingat, anda harus mulai dari posisi paling bawah agar hasilnya maksimal.
NB: Untuk kalimat-kalimatnya bisa sobat modifikasi sedikit agar tetap ramah dengan pakde gugel,tapi untuk link listnya harus sesuai aturan.
Selamat mencoba Cara Cepat Menaikkan Page Rank Dan Trafik Blog.

Thursday 15 March 2012

Zona Waktu di Indonesia Akan Disatukan

Pemerintah berencana menyatukan tiga zona waktu Indonesia yang terdiri atas Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT) melalui program GMT+8 sehingga daya saing ekonomi meningkat dan tercipta efisiensi birokrasi.

"WIB, WITA, dan WIT akan disatukan. Rencananya WITA atau GMT+8 yang akan dijadikan patokan waktu," kata Juru Bicara Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim di Bogor, Sabtu 10 Maret 2012.

Menurut Edib, penyatuan waktu tersebut untuk meningkatkan produktivitas nasional yang semula hanya terdapat 190 juta penduduk dalam zona WIB, bisa menjadi 240 juta jika waktunya disamakan.

"Selisih satu jam di antara tiga zona waktu di Indonesia ini tidak efektif. Contohnya, dalam waktu dagang antara dunia usaha di zona WIB dan WIT" ujarnya. " Kalau transaksi perdagangan di Jakarta dimulai jam 09.00 WIB dan berakhir pada jam 17.00 WIB, berarti waktu yang efektif untuk aktivitas perdagangan antara dunia usaha di zona WIB dan WIT cuma empat jam,"

Edib menyatakan, penyatuan waktu semata-mata untuk meningkatkan kinerja birokrasi mulai dari Sabang hingga Merauke.

"Selain itu, penyatuan waktu ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang ekonomi, sosial politik, bahkan ekologi," katanya.

Melalui GMT+8, katanya, masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia timur dan tengah akan memiliki waktu transaksi yang lebih banyak dengan masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia barat.

"Kami memilih GMT+8 karena berada di tengah-tengah antara WIB dan WIT. Kami masih akan membahas hal ini lebih lanjut," katanya.

Program GMT+8 yang sedang digalakkan oleh tim KP3EI tersebut, katanya, bertujuan menyatukan tiga zona waktu Indonesia menjadi satu waktu.

http://www.tempo.co/read/news/2012/03/10/090389316/Zona-Waktu-di-Indonesia-Akan-Disatukan

Biografi Benyamin Sueb

Benyamin Sueb (lahir di Kemayoran, Jakarta, 5 Maret 1939 – meninggal di Jakarta, 5 September 1995 pada umur 56 tahun) adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film.
Celetukan "muke lu jauh" atau "kingkong lu lawan" pasti mengingatkan masyarakat pada Benyamin Sueb. Sejak kecil, Benyamin Sueb sudah merasakan getirnya kehidupan. Bungsu delapan bersaudara pasangan Suaeb-Aisyah kehilangan bapaknya sejak umur dua tahun. Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, si kocak Ben sejak umur tiga tahun diijinkan ngamen keliling kampung dan hasilnya buat biaya sekolah kakak-kakaknya. Benyamin sering mengamen ke tetangga menyanyikan lagu Sunda Ujang-Ujang Nur sambil bergoyang badan. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa lalu memberikannya recehan 5 sen dan sepotong kue sebagai "imbalan".
Penampilan Benyamin kecil memang sudah beda, sifatnya yang jahil namun humoris membuat Benyamin disenangi teman-temannya. Seniman yang lahir di Kemayoran, 5 Maret 1939 ini sudah terlihat bakatnya sejak anak-anak.

Karier

Benyamin Mengaku tidak punya cita-cita yang pasti. Tergantung kondisi, kata penyanyi dan pemain film yang suka membanyol ini. Benyamin pernah mencoba mendaftar untuk jadi pilot, tetapi urung gara-gara dilarang ibunya.
Ia akhirnya jadi pedagang roti dorong. Pada tahun 1959, ia ditawari bekerja di perusahaan bis PPD, langsung diterima. Tidak ada pilihan lain, katanya. Pangkatnya cuma kenek, dengan trayek Lapangan BantengwPasar Rumput. Itu pun tidak lama. Habis, gaji tetap belum terima, dapat sopir ngajarin korupsi melulu, tuturnya. Korupsi yang dimaksud ialah, ongkos penumpang ditarik, tetapi karcis tidak diberikan. Ia sendiri mula-mula takut korupsi, tetapi sang sopir memaksa. Sialnya, tertangkap basah ketika ada razia. Benyamin tidak berani lagi muncul ke pool bis PPD. Kabur, daripada diusut.
Sebenarnya selain menekuni dunia seni, Benyamin juga sempat menimba ilmu dan bekerja di lahan yang ‘serius’ diantaranya mengikuti Kursus Lembaga Pembinaan Perusahaan dan Pembinaan Ketatalaksanaan (1960), Latihan Dasar Kemiliteran Kodam V Jaya (1960), Kursus Administrasi Negara (1964), bekerja di Bagian Amunisi Peralatan AD (1959-1960), Bagian Musik Kodam V Jaya (1957-1969), dan Kepala Bagian Perusahaan Daerah Kriya Jaya (1960-1969).

Awal karier

Kesuksesan dalam dunia musik diawali dengan bergabungnya Benyamin dengan satu grup Naga Mustika. Grup yang berdomisili di sekitar Cengkareng inilah yang kemudian mengantarkan nama Benyamin sebagai salah satu penyanyi terkenal di Indonesia.

Duet dengan Ida Royani

Selain Benyamin, kelompok musik ini juga merekrut Ida Royani untuk berduet dengan Benyamin. Dalam perkembangannya, duet Benyamin dan Ida Royani menjadi duet penyanyi paling popular pada zamannya di Indonesia. Bahkan lagu-lagu yang mereka bawakan menjadi tenar dan meraih sukses besar. Sampai-sampai Lilis Suryani salah satu penyanyi yang terkenal saat itu tersaingi.

Gambang kromong

Orkes Gambang Kromong Naga Mustika dilandasi dengan konsep musik Gambang Kromong Modern. Unsur-unsur musik modern seperti organ, gitar listrik, dan bass, dipadu dengan alat musik tradisional seperti gambang, gendang, kecrek, gong serta suling bambu.
Setelah Orde Lama tumbang, yang ditandai dengan munculnya Soeharto sebagai presiden kedua, musik Gambang Kromong semakin memperlihatkan jatidirinya. Lagu seperti Si Jampang (1969) sukses di pasaran, dilanjutkan dengan lagu Ondel-Ondel (1971).
Lagu-lagu lainnya juga mulai digemari. Tidak hanya oleh masyarakat Betawi tetapi juga Indonesia. Kompor Mleduk, Tukang Garem, dan Nyai Dasimah adalah sederetan lagunya yang laris di pasaran. Terlebih setelah Bang Ben berduet dengan Bing Slamet lewat lagu Nonton Bioskop, nama Benyamin menjadi jaminan kesuksesan lagu yang akan ia bawakan.

Paska duet dengan Ida Royani

Setelah Ida Royani hijrah ke Malaysia tahun 1972, Bang Ben mencari pasangan duetnya. Ia menggaet Inneke Koesoemawati dan berhasil merilis beberapa album, di antaranya "Nenamu" dengan tembang andalan seperti Djanda Kembang, Semut Djepang, Sekretaris, Penganten Baru dan Pelajan Toko.

Dunia film

Lewat popularitas di dunia musik, Benyamin mendapatkan kesempatan untuk main film. Kesempatan itu tidak disia-siakan. Beberapa filmnya, seperti Banteng Betawi (1971), Biang Kerok (1972), Intan Berduri serta Si Doel Anak Betawi (1976) yang disutradari Syumanjaya, semakin mengangkat ketenarannya. Dalam Intan Berduri, Benyamin mendapatkan piala Citra sebagai Pemeran Utama Terbaik.

Akhir karier

Pada akhir hayatnya, Benyamin juga masih bersentuhan dengan dunia panggung hiburan. Selain main sinetron/film televisi (Mat Beken dan Si Doel Anak Sekolahan) ia masih merilis album terakhirnya dengan grup Rock Al-Haj bersama Keenan Nasution. Lagu seperti Biang Kerok serta Dingin-dingin menjadi andalan album tersebut.

Kontribusi terhadap gambang kromong

Dalam dunia musik, Bang Ben (begitu ia kerap disapa) adalah seorang seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni tradisional Betawi, khususnya kesenian Gambang Kromong. Lewat kesenian itu pula nama Benyamin semakin popular. Tahun 1960, presiden pertama Indonesia, Soekarno, melarang diputarnya lagu-lagu asing di Indonesia. Pelarangan tersebut ternyata tidak menghambat karier musik Benyamin, malahan kebalikannya. Dengan kecerdikannya, Bang Ben menyuguhkan musik Gambang Kromong yang dipadu dengan unsur modern.

Meninggal dunia

Makam Benyamin di TPU Karet Bivak, Jakarta
Benyamin yang telah empat belas kali menunaikan ibadah haji ini meninggal dunia setelah koma beberapa hari seusai main sepak bola pada tanggal 5 September 1995, akibat serangan jantung. Benyamin dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta. Ini dilakukan sesuai wasiat yang dituliskannya, agar dia dimakamkan bersebelahan dengan makam Bing Slamet yang dia anggap sebagai guru, teman, dan sosok yang sangat memengaruhi hidupnya.

Ref : http://id.wikipedia.org/wiki/Benyamin_Sueb

Wednesday 14 March 2012

Tips menyanyikan nada-nada tinggi

     Salah satu rintangan yang paling sulit bagi seorang penyanyi adalah bagaimana caranya menyanyikan nada-nada tinggi. Ini bisa menjadi hal yang menakutkan, mengingat bahwa kita tidak sering menggunakan suara kita seperti ini untuk percakapan sehari-hari. Namun, salah satu alasan paling umum yang menyulitkan kita dalam menyanyikan nada nada tinggi adalah ketegangan yang terjadi pada laring serta kurangnya fokus pada daerah resonator (daerah getaran suara).
        Di sini akan diberikan beberapa tips dan trik yang akan membantu Anda melepaskan ketegangan tersebut, serta membuat suara Anda lebih resonan dan dapat menjangkau nada tinggi dengan mudah bahkan lebih mudah dari yang Anda bayangkan.

  • WARM UP haruslah hal pertama yang harus  Anda lakukan terlebih dahulu sebelum anda melakukan segala bentuk  kegiatan bernyanyi, ini  merupakan hal yang sangat penting, dan besar  manfaatnyar. Sama seperti seorang atlet perlu peregangan dan pemanasan otot agar mendapatkan hasil  yang terbaik bagi mereka, demikian juga seorang penyanyi perlu peregangan dan pemanasan otot-otot yang akan digunakan untuk bernyanyi.  Bernyanyi tanpa pemanasan dapat menyebabkan perasaan 'berat' pada suara dan tubuh, dan dapat menyebabkan kerusakan pada alat vokal anda. Pemanasan yang sederhana tapi paling efektif adalah dengan melakukan HUMING: “Hmmmm” atau  “NG” dengan menirukan bunyi /suara sirene, atau bisa juga dengan bersenandung lembut.

  • Guna memberikan dukungan yang cukup untuk produksi suara dan power yang dibutuhkan untuk menyanyi nada-nada tinggi tentunya, maka  MEMPERBAIKI TEKNIK PERNAFASAN sangatlah  penting.Pastikan bahwa anda bernafas dengan cara mengembangkan perut dengan posisi tulang rusuk yang lebih rendah. Bayangkan sebuah balon di tengah dada Anda mengembang kesegala arah  diisi oleh napas Anda. Hal ini dimungkinkan karena posisi tulang rusuk dan perut anda memperluas paru-paru Anda sehingga dapat menghirup udara dengan lebih efisiensi sehingga  volume yang didapatkan lebih besar. Menyanyi dengan baik ditentukan oleh teknik pernapasan yang baik.  Jika anda menggunakan cara bernapas yang salah dalam bernyanyi maka anda akan menderita.

  • Pastikan daerah sekitar tenggorokan Anda rileks dan terbuka seperti Anda mempersiapkan diri kala hendak menyanyi. Terlalu banyak energi yang dikeluarkan atau berusaha terlalu keras, bisa menyebabkan penyanyi menjadi tegang, sehingga  untuk  mengeluarkan nada dari tenggorokan mereka dengan cara memaksa dan menkan agar bisa menghasilkan nada-nada tinggi keluar dari tenggorokan mereka. Menyanyi nada tinggi haruslah sama seperti  juga menyanyi dalam kisaran nada yang lebih rendah. Untuk membuka tenggorokan dan membuat laring lebih rileks, bayangkan seperti ketika Anda akan menguap. Jika Anda melihat di cermin ketika Anda menguap, Anda akan melihat bahwa “lembaran”  dari 'otot' yang menempel pada  bagian atas tenggorokan. Ini adalah 'langit-langit lunak' Anda, dengan  meninggikan posisinya maka akan membantu Anda lebih mudah dalam mengakses rongga resonansi di wajah dan kepala Anda. Sekarang, tempatkan  telunjuk dan jari tengah Anda pada bagian  tengah leher dan cobalah lakukan gerakan seperti menelan. Maka akan terasa  bergelombang 'gerakan naik dan turun di tenggorokan Anda itu adalah laring Anda. Kali ini, dengan jari-jari Anda masih di depan tenggorokan Anda, cobalah untuk menguap. Perhatikan bagaimana laring Anda bergerak ke bawah.
Ref : http://sekolahvokal.blogspot.com/2011/05/bagaimana-menyanyikan-nada-tinggi_08.html

About Kahitna

KAHITNA, grup band yang dimotori oleh Yovie Widianto dan dibentuk pada lebih dari dua dekade lalu ini masih terus berkarya menghasilkan lagu-lagu bertema cinta yang menyentuh dan catchy.
Dengan aransemen musik yang cantik, KAHITNA berhasil menggabungkan unsur jazz, pop, fussion dan etnik yang memikat hati para Soulmate, sebutan untuk fans KAHITNA.

Sebut saja Cerita Cinta, Seandainya Aku Bisa Terbang, Cantik, Tak Sebebas Merpati, Setahun Kemarin, Andai Dia Tahu, Permasuriku, Menikahimu dan masih banyak lagi seakan menjadi soundtrack untuk kisah cinta para penikmat musik di Tanah Air.

Berawal pada tahun 1983, Yovie Widianto membentuk band yang bernama Coops Rhythm Section yang sebagian besar anggotanya menjadi Indonesia 6, Ruth Sahanaya dan KAHITNA. Karena perbedaan idealisme, Yovie Widianto melepaskan diri dan membentuk KAHITNA.

Didirikan di Bandung tanggal 24 Juni 1986, KAHITNA berasal dari bahasa Philipina yang berarti "meskipun demikian". Yang akhirnya dipelesetkan menjadi bahasa Sunda "Ka" dan "Na" yang merupakan awalan dan akhiran. Sehingga ketika disatukan artinya menjadi "yang paling hits". Pada awal terbentuknya KAHITNA formasi awal untuk vokalis adalah Tri Utami. Namun, pada perkembangannya, KAHITNA mengalami pergantian personil sehingga terbentuklah formasi seperti sekarang :

  1. Yovie Widianto [piano, keyboard],
  2. Mario Ginanjar [vokalis],
  3. Hedi Yunus [vokalis],
  4. Carlo Saba [vokalis],
  5. Dody Isnaini [bass],
  6. Harry Suhardiman [perkusi],
  7. D. Bambang Purwono [keyboard],
  8. Budiana Nugraha [drum],
  9. Andrie Bayuaji [gitar]
 Ref : http://www.kahitna.net/home/biography.php

Tuesday 13 March 2012

Belajar Not Balok

Not balok ditulis di atas sekumpulan 5 garis dan 4 spasi yang di pelajaran SD atau SMP biasa disebut dengan “garis paranada“, dalam istilah musik biasa disebut staff, seperti gambar ini :
Angka2 di samping staff nantinya tidak ditulis. Angka2 itu hanya menunjukkan kalau penghitungan garis dan spasi dimulai dari bawah. Jadi garis pertama adalah garis paling bawah, dan garis kelima adalah garis paling atas. Di dalam staff ini nantinya akan ditaruh notasi dan tanda diam.
Di setiap awal staff selalu ditulis yang disebut dengan clef. Clef di kurikulum sekolah biasa disebut dengan “tanda kunci“. Lazimnya di pelajaran sekolah dikenal kunci/clef G, F, dan C, tapi yang umum dipakai adalah kunci G dan kunci F. Banyak juga yang bilang kalau Kunci G biasa disebut “Treble“, kunci F disebut “Bass“, dan kunci C disebut “Tenor“.
Kunci G/Treble :

Kunci F/Bass :

Di partitur piano, dipakai gabungan treble dan bass, suka disebut grand staff.
Jadinya :
Di partitur organ kadang2 ditambahkan bass dibawahnya lagi. Salah kaprah yang sering terjadi adalah dengan menyebutkan treble untuk tangan kanan, dan bass untuk tangan kiri.
NOTASI
Penamaan notasi menggunakan alfabet, mulai dari huruf A sampai G lalu kembali ke A. Tangga nada dasar adalah tangga nada C (lihat Teori musik dasar). Jika dituliskan di staff jadi seperti ini :
bisa dilihat di atas, dari C sampai G, kemudian ke A. Letak notasi ini adalah mutlak, tidak bisa diubah. Misal not G jika dituliskan di staff treble letaknya di garis kedua.
Jika dituliskan di grand staff, kira2 seperti ini :
Bisa dilihat di atas, nada C yang ditengah itu dan E yg paling kiri seakan-akan berada di luar staff. Untuk penulisan di atas/bawah staff digunakan garis bantu atau leger line. Penggunaan garis bantu ini bisa 3-5 garis di atas/bawah staff, tergantung komposisi lagunya.
KEYBOARD/PIANO/PIANIKA/ORGEN
Kalau mau memudahkan belajar not balok, sebaiknya pahami dulu tuts keyboard/piano/organ, gak perlu belajar main, cukup dipahami aja.
gambar tuts piano:

Seperti di staff yang letak notnya mutlak, begitu juga dengan di piano, letak notnya mutlak, seperti ini :

Posisi nada2 di situ gak akan berubah, yg C tetep C, begitu juga yang lainnya. Salah kaprah yang sering terjadi, terutama sering dilakukan guru2 musik di SD dan SMP adalah bukan menulis C, D, E, F dst tapi menulis do, re, mi, dst. Jadi buat agan2 yg di keyboard/pianika/piano/orgennya ditulisin doremi, segeralah dihapus, kalau masih perlu guide ganti dengan C D E dst.
Karena letaknya mutlak, jadi bisa disimpulkan hubungan keyboard dan staff menjadi seperti ini :

untuk melengkapi pemahaman tentang hubungan ini, terutama tentang jarak antar nada
DURASI NOT
Jika dilihat staff di atas bisa dilihat di situ ada not . Not tersebut disebut not penuh (1). Setelah not penuh ada not setengah (1/2), not seperempat (1/4), not seperdelapan (1/8), , dst sampai 1/64.
Kalau digambarkan akan jadi seperti ini :
Not penuh :

Not 1/2 :

Not 1/4 :

Not 1/8 :

Dibuat diagram menjadi :

Notasi juga bisa ditambahkan titik untuk menambah durasinya setengah. Jadi misalnya not 1/4 dihitung satu ketuk ditambah titik => menghitung durasinya 1 + (1/2*1) = 1 1/2. Kalau dibuat rumus matematika not bertitik = n + 1/2n. hehehehe…
berarti kalau misal not 1/2 dihitung sebagai 2 ketuk, jika ditambah titik menjadi => 2 + (1/2 * 2) = 3 ketuk.
Di not 1/8 ada benderanya, jika bendera dihilangkan akan menjadi not 1/4.
Jadi kalau benderanya satu not 1/8 =>
kalau benderanya dua not 1/16 =>
dst.
Untuk 2 not sejenis bila berurutan dapat digabungkan penulisannya. Misal ada 2 not 1/8 berurutan , dapat ditulis . = .
TANDA DIAM
Selain notasi, juga ada tanda istirahat, yang kalau di notasi angka ditulis dengan angka 0 (nol). Sama seperti notasi, penamaan tanda diam juga dinamakan tanda diam penuh, setengah, seperempat dst.
Tanda diam penuh :

Tanda diam setengah (1/2) :

Tanda diam seperempat (1/4) :

Tanda diam seperdelapan (1/8) :

Tanda diam seperenambelas (1/16) :

Salah kaprah yang masih sering terjadi adalah mengidentikkan not/tanda diam penuh = 4 ketuk, not 1/2 = 2 ketuk, not 1/4 = 1 ketuk, dst. Padahal not 1/2 bisa menjadi 1 ketuk, begitu juga dengan not 1/8. Itu semua tergantung birama yang digunakan.
Semoga bermanfaat

Ref : http://hiburan.kompasiana.com/musik/2010/12/28/belajar-not-balok/

Monday 12 March 2012

Musisi Otodidak


          Banyak faktor yang menentukan seorang musisi bisa sukses atau tidak, bahkan definisi sukses bagi musisi bisa saja berbeda-beda, yang satu ukurannya uang, yang satu lagi ukurannya kebebasan berekspresi walau harus hidup sederhana. Apapun arti kesuksesan itu, saya percaya hal itu bisa diraih dengan jalan otodidak dan jalan pendidikan formal.
          Otodidak adalah menurut wikipedia bahasa Inggris adalah “self-education or self-directed learning. An autodidact is a mostly self-taught person, as opposed to learning in a school setting or from a tutor.” Jadi otodidak bukan berarti tiba-tiba bisa sendiri tanpa belajar, melainkan belajar sendiri dan menentukan jalur pelajaran itu sendiri tanpa bantuan tutor dalam jangka waktu tertentu. Seorang musisi otodidak akan menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku, menonton video tutorial, berlatih, dan berdiskusi dengan musisi lain untuk mendapat masukan dan inspirasi.
          Musisi jazz senior kita, pianis Idang Rasjidi pernah memberi analogi seperti ini, jika seorang musisi yang belajar formal mencapai tujuannya di seberang lautan menggunakan pesawat terbang sedangkan musisi otodidak harus berenang dan bersusah payah mencapai tujuan tersebut. Artinya, di musisi yang belajar secara formal akan mendapat berbagai kemudahan dalam mencapai level tertentu, karena mendapat bimbingan pelajaran serta fasilitas yang memadai. Saya tidak mencoba mencari-cari mana yang hasilnya lebih bagus, tetapi yang pasti, jika memang ada kesempatan untuk belajar mengapa tidak? Toh hal ini memudahkan proses belajar. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya, baik halangan biaya, waktu, dsb.
          Jangan lupa juga, banyak musisi besar yang tidak melewati proses pendidikan formal, apalagi musisi jazz, perkuliahan musik jazz saja di Eropa baru ada sejak tahun 1970-an. Tradisi pembelajaran yang ada di kehidupan musisi jazz sebelum itu adalah untuk bekerja di dalam band yang dipimpin musisi handal selama beberapa tahun untuk menyerap ilmu dari pengalaman tersebut. Chet Baker belajar sendiri, Miles Davis keluar dari Juilliard namun terus belajar dari pengalaman.
          Kelebihan utama seorang otodidak adalah biasanya orang otodidak itu punya kemauan super keras. Berbeda dengan mahasiswa musik yang ditunjukkan arah dan diberi fasilitas, otodidak harus mencari-cari jalan sendiri, tanya sana-sini hingga akhirnya sampai pada tujuan. Inilah mengapa kadang-kadang musisi otodidak memiliki greget yang tidak dimiliki musisi pendidikan formal.
          Ketika kita berbicara soal musik yang “rumit” seperti orkestra, atau big band dengan menulis aransemen untuk belasan bahkan puluhan alat musik, apakah bisa dengan cara otodidak? Jawaban saya, mengapa tidak? Apalagi di era informasi seperti sekarang ini, jika ada kemauan dan kerja super keras, pasti bisa. Bahkan saya memiliki beberapa rekan yang telah melakukannya. Sekali lagi, otodidak bukan berarti tidak belajar, malah justru belajarnya lebih giat lagi.

Ref : http://indraaziz.net/2009/09/musisi-otodidak/

Friday 9 March 2012

Gospel Dan Sejarahnya

Musik gospel adalah sebuah genre musik yang dicirikan oleh vokal yang dominan (seringkali dengan menggunakan harmoni yang kuat), liriknya yang bersifat religius, khususnya Kristen. Subgenrenya mencakup gospel kontemporer, gospel kontemporer urban (kadang-kadang juga disebut sebagai "gospel hitam"), dan Musik gospel modern (kini lebih lazim disebut pujian dan penyembahan, atau musik Kristen kontemporer). Kebanyakan bentuk musik gospel menggunakan piano dan/atau organ Hammond, drum, gitar bas dan, kini semakin banyak pula, gitar listrik

Musik gospel yang pertama kali diperdengarkan di gereja Afro-Amerika pada 1930-an dan dibawakan oleh orang-orang dari ras negro atau kulit hitam di Amerika. Gospel kemudian pecah menjadi dua aliran, black gospel(gospel asli) yang dibawakan oleh orang-orang dari ras kulit hitam dan white gospel oleh orang-orang ras kulit putih, karena kultur diskriminatif pada perbedaan ras yang sangat kental di Amerika saat itu.
Orang kulit putih menciptakan white gospel dengan memadukan black gospel dengan musik religius asli yang biasa diperdengarkan di gereja-gereja orang kulit putih di Amerika Selatan. Pemisahan aliran berdampak pada munculnya perbedaan antara cara menyanyikannya. Ketika pertentangan dua kubu agak memudar dalam puluhan tahun kemudian, masih terdapat cara menyanyikan gospel yang berbeda di gereja ras kulit putih dan hitam di Amerika.

Perbedaan yang tajam antara Amerika yang berkulit hitam dan putih, khususnya antara gereja-gereja warga kulit hitam dan putih, menyebabkan kedua golongan ini terpisah. Meskipun perbedaannya telah berkurang sedikit selama lima puluh tahun terakhir, kedua tradisi ini masih berbeda. Dalam kedua tradisi ini, sejumlah penyanyi, seperti misalnya Mahalia Jackson membatasi dirinya untuk tampil hanya dalam konteks-konteks keagamaan saja, sementar ayang lainnya seperti Sister Rosetta Tharpe, Golden Gate Quartet dan Clara Ward, juga membawakan musik gospel dalam lingkup sekular., bahkan juga di klab-klab malam. Banyak penyanyi, seperti misalnya The Jordanaires, The Blackwood Brothers, Al Green, dan Solomon Burke pernah tampil membawakan musik sekular dan maupun keagamaan. Penyanyi-penyanyi seperti ini biasa menyisipkan lagu-lagu gospel dalam pertunjukan-pertunjukan sekular mereka, meskipun yang kebalikannya hampir tak pernah terjadi.
Penyanyi, pengarang lagu dan gitaris gospel, Sister Rosetta Tharpe adalah bintang musik gospel besar pertama. Ia muncul dalam tangga lagu musik pop musik pada 1938. Ia tetap popular sepanjang 1940-an, mencetak lagu-lagu top; pertunjukannya dihadiri puluhan ribu penggemarnya di seluruh AS. Sesekali ia kehilangan dukungan dari beberapa penggemarnya di gereja ketika ia tampil di lingkup sekular dan ketika ia membuat rekaman lagu-lagu yang tidak diakui sebagai lagu-lagu “Kristen”. Namun para penggemar yang meninggalkannya memaafkannya, karena Tharpe tetap setia pada imannya sepanjang karier rekamannya hingga akhir hayatnya.
Meskipun musik gospel ini boleh disebut sebagai fenomena Amerika, ia telah menyebar di seluruh dunia, termasuk ke Australia dengan paduan suara seperti The Elementals dan Jonah & The Whalers serta festival-festival seperti Festival Musik Gospel Australia. Di Norwegia terdapat Ansgar Gospel Choir, satu-satunya paduan suara gospel Norwegia sejati. Musik ini juga popular di provinsi Quebec, Kanada Рdi sini terdapat kelompok-kelompok paduan suara gospel terkenal seperti Montreal Jubilation Gospel Choir dan Qu̩bec Celebration Gospel Choir.

Wednesday 7 March 2012

Kemelut pembuatan Blog

Hai prennd,,
Kali ini gw mencoba curcol....
hahahaha meski ga biasa yah,,, hmmmm ok kita mulai ajh..
awal pembuatan blog ini masih baru,, kira2 akhir bulan februari. Hal pertama yg paling membingungkan adalah ganti template blog sendiri.. Yah, meski pada akhirnya bisa juga dengan belajar di mbah "google"...
         
Ternyata tidak hanya sampai disitu ajh, hal yg paling lebih membingungkan adalah memperbanyak visitor..Ga gampang lho??!! bnyakan susahnya,, Apalagi buat blog baru.. Untungnya situs jejaring sosial semacam facebook dan twitter bisa membantu datangnya pengunjung di situs blog gw...

yah meski masih bau kencur nech blog,, tapi tetep optimistis untuk memberikan anda2 semua pengetahuan sputar dunia musik dan sejarahnya,, entah apalagi yang akan dibahas di dalam blog ini.. tapi tetap gw bakal mencari hal2 yang berhubungan dengan musik..

dengan perkembangan informasi dan teknologi sekarang, rasanya segalanya akan menjadi lebih mudah. dari posting wall fb,, bisa dapat jempol kawan2 sekalian..
hehehehehe...

Sekian dulu curcolnya... sisanya akan menanti di hari2 berikutnya...
Thank you, Gbu......

Teori Dasar Diatonis

Tangga nada diatonis biasa dikenal dengan : do re mi fa sol la si do. Skala diatonik disusun oleh delapan not dalam satu inteval tertentu.

     1. Diatonis Mayor

          Tangga nada mayor dalam teori musik adalah tangga nada yang tersusun dari 8 not dalam 1 interval tertentu. 
Jarak antara not-not yang berurutan dalam tangga nada mayor (intervalnya) adalah :
1 – 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1/2
Dalam tangga nada ,terdapat notasi ‘#’ (baca: kres) dan ‘ b’ (baca: mol ).

    Tangga Nada Kres (’#’) dalam Diatonis Mayor
fungsi tanda kres adalah untuk menaikkan nada sebanyak setengah. 0# atau biasa disebut
’ C = do’ (mayor mode), memiliki tangga nada: C – D – E – F – G – A – B – C.
    Kemudian , terdapat juga 1# atau biasa disebut G = do. Kok bisa tau G=do? Untuk mencari tangga nada 1#, ambil nada ke-5 dari 0#, posisikan sebagai nada pertama (dari sini didapat G=do), kemudian pada nada ke-7 naikkan setengah nada (biasanya dengan menambahkan imbuhan “is” atau tanda ‘#’ dibelakangnya). Maka tangga nada 1# adalah: G – A – B – C – D – E – Fis – G
    Untuk mencari tangga nada 2#, ambil nada ke-5 dari 1# dan posisikan pada nada pertama ( didapat D=do), lalu nada ke-7 naikkan setengah nada. Maka tangga nada 2# adalah: D=do ; D – E – Fis – G – A – B – Cis – D

     Proses ini bisa dibilang berlangsung rekursif , dalam artian 3# harus mengambil dari 2# , 4# harus mengambil dari 3#, dan seterusnya.

Maka tangga Nada Kres dalam diatonis mayor:
0# ; C=do : C-D-E-F-G-A-B-C
1# ; G=do : G-A-B-C-D-E-Fis-G
2# ; D=do : D-E-Fis-G-A-B-Cis-D
3# ; A=do : A-B-Cis-D-E-Fis-Gis-A
4# ; E=do : E-Fis-Gis-A-B-Cis-Dis-E
5# ; B=do : B-Cis-Dis-E-Fis-Gis-Ais-B
6# ; Fis=do : Fis-Gis-Ais-B-Cis-Dis-Eis-Fis
7# ; Cis=do : Cis-Dis-Eis-Fis-Gis-Ais-Bis-Cis


      Tangga Nada Mol (’b’) dalam Diatonis Mayor
    Tanda Mol berfungsi untuk menurunkan sebanyak setengah nada. Dalam pencarian tangga nada mol , metode yang digunakan berbeda dengan mencari tangga nada kres.
Dalam tangga nada mol : 0b ; C=do : C – D – E – F -G – A – B – C
    Untuk mencari 1b, ambil nada ke-4 dari 0b, kemudian nada ke-4 pada 1b diturunkan setengah. Maka tangga nadanya : 1b ; F=do :F – G – A – Bes - C – D – E – F

Untuk 2b,3b dan seterusnya dapat dicari dengan cara yang sama seperti cara diatas.
0b ; C=do : C-D-E-F-G-A-B-C
1b ; F=do : F-G-A-Bes-C-D-E-F
2b ; Bes=do : Bes-C-D-Es-F-G-A-Bes
3b ; Es=do : Es-F-G-Aes-Bes-C-D-Es
4b ; Aes=do : Aes-Bes-C-Des-Es-F-G-Aes
5b ; Des=do : Des-Es-F-Ges-Aes-Bes-C-Des
6b ; Ges=do : Ges-Aes-Bes-Ces-Des-Es-F-Ges
7b ; Ces=do : Ces-Des-Es-Fes-Ges-Aes-Bes-Ces


    2. Diatonis minor

          Yang membedakan nada Diatonis minor dan nada Diatonis Mayor adalah jarak not yang berurutan dalam satu tangga nada (interval).
Interval pada tangga nada minor berjarak: 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1
Contoh, pada A=La (minor mode, menekankan pada nada minor) ; A-B-C-D-E-F-G-A. Jarak interval pada tangga nada tersebut sesuai dengan jarak interval diatas.

clip_image002Jika kita tinjau pada gambar, terdapat kesamaan antara tangga nada mayor dan minor. Huruf besar berwarna merah menyatakan Mayor, sedangkan huruf kecil berwarna biru menyatakan minor. Nada tangga nada C mayor dianggap sama dengan A minor. Jika kita liat, pembentuk nada dasar C mayor memang sama dengan pembentuk nada A minor. Pada tangga nada minor biasanya ditulis dengan A=La karena memiliki interval yang berbeda dengan tangga nada mayor dan interval pada tangga nada minor mengharuskan agar dimulai dari nada La sehingga syarat interval minor dapat terpenuhi. Oleh karena itu, jika ingin mencari nada minor, cukup mulai dengan nada La pada tangga nada mayor.
Contoh:
4# pada Mayor ; E=do : E-Fis-Gis-A-B-Cis-Dis-E
Maka:
4# pada minor ; Cis=do : Cis-Dis-E-Fis-Gis-A-B-Cis
Terlihat pada gambar, E dan Cis terdapat dalam 1 area. Silahkan dicoba pada alat musik, implementasinya akan lebih nyata.


Ref : http://cc4blues.wordpress.com/teori-dasar-diatonis/

Tuesday 6 March 2012

About Drum

           Drum sebenarnya bermacam-macam. Ada snare, tom-tom, bass, conga, tymbal, mondo, bedug, tabla... dll, mereka sebenarnya adalah drum, karena memainkannya dengan cara dipukul. Tetapi yang kita bahas adalah DRUMSET, yang bisa dibilang bentuk drum paling modern. Drumset itu sendiri sebenarnya terdiri atas 3 drum, yaitu Snare, tom-tom dan bass drum. Untuk tom-tom masih dapat dibagi dua lagi, yaitu: Mounted tom dan floor tom-tom (tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ketiga unsur tersebut masih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware (pedal, hihat stand, cymbal stand, snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead.

           Tom-tom terdiri atas berbagai macam ukuran baik dalam kedalamannya dan diameternya. Ukuran suatu drum biasnya ditulis 12x10 yang maksudnya adalah kedalamannya 12 inchi dan diameternya 10 inchi. Diameter tom-tom bervariasi, biasanya tom-tom paling kecil berdiameter 6", dan berlanjut ke 8", 10", 12", 13", 14", 15", 16", 18" dan 20". Ukuran tom-tom 14" keatas dapat digolongkan sebagai floor tom-tom, tetapi tergantung dari peletakannya juga. Tom-tom menggunakan 2 drumhead, atas dan bawah, kecuali pada tahun 70-an dimana tom-dan bass drum hanya menggunakan 1 drumhead saja, dan suaranya jelek sekali. Badan tom-tom atau yang biasa disebut dengan shell terbuat dari kayu. Untuk drum kelas pemula biasanya menggunakan kayu Mahogany dan untuk kelas professional biasanya menggunakan kayu Birch dan Maple. Kayu Birch dan Maple lebih mahal karena menghasilkan suara atau tone yang bulat dan jernih. Kayu pada tom-tom biasanya mempunyai ketebalan dari 4 sampai 10 mm. Semakin tipis kayu maka suara yang dihasilkan semakin kaya dan sensitive. Sedangkan semakin tebal kayu suara yang dihasilkan semakin keras, tetapi suaranya tidak terlalu kaya dan kurang sensitive.

          Bass drum tidak terlalu berbeda dengan tom-tom, hanya bass drum mempunyai diameter yang lebih besar, 16", 18", 20", 22", 24" dan bahkan 26" atau lebih. Dan bass drum dipukul dengan menggunakan pedal dan ditaruh dibawah. Tetapi suara bass drum tidak seperti tom-tom yang bersuara "Dung..." tetapi cenderung bersuara "Dug..." (lebih mati suaranya). Kayu bass drum cenderung lebih tebal untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan untuk ketahanan drum itu sendiri.


          Snare drum adalah drum yang paling berbeda diantara lainnya (dari bentuk dan suaranya). Dan snare drum merupakan unsur utama dari drumset (yang paling sering dipukul). Drum ini biasanya berukuran 10" sampai 15", tetapi yang paling biasa digunakan adalah ukuran 14". Yang membuat perbedaan pada snare drum yaitu pada bagian bawah drum tersebut. Di bawahnya menggunakan kawat-kawat yang berbentuk spiral atau yang sebenarnya dinamakan Snare Wire /Strainer. Benda itulah yang membuat perbedaan pada snare drum. Jika anda memukul head atasnya maka snare wire dibawah segera merespon, dengan cara 'memukul' kembali head bawah dan menghasilkan suara yang tajam. Maka dari itu, sebenarnya 'nyawa' dari snare drum terletak pada snare wirenya. Jika snare wirenya dilepas maka suara yang dihasilkan hampir sama dengan tom-tom.

Cymbal, lagi-lagi merupakan 'nyawa' bagi drumset, karena hampir tidak mungkin bermain drum tanpa cymbal (ibaratnya seperti makan nasi tanpa nasi, nggak makan donk...). Cymbal terdiri atas 4 jenis mereka yaitu:


  1. Hihat cymbal:
    'Jantungnya' cymbal dan drum. Berguna untuk menjaga waktu/tempo. terdiri atas sepasang cymbal. berukuran 8" sampai 15". Ukuran standart 14"
  2. Ride cymbal:
    Sama fungsinya dengan hihat tetapi dengan bentuk dan suara yang berbeda. Hanya terdiri dari satu cymbal tetapi berukuran besar 18" sampai 22". ukuran standar 20"
  3. Crash cymbal:
    Berguna untuk memberi phrase/nada pada suatu lagu. Berukuran 13" sampai 22" tergantung dari selera pemain.
  4. Efek cymbal:
    Efek cymbal terdiri atas Splash, bell, china dan swiss. Berguna untuk memberi 'warna' khusus pada suatu lagu. Splash dan bell biasanya berukuran 6" sampai 12" dan untuk china dan swiss biasanya berukuran 16" sampai 22".

Hardware terdiri atas berbagai macam bentuk dan fungsi:

  1. Pedal:
    Berguna untuk memukul bass drum, juga tersedia double pedal, yaitu pedal yang menggunakan 2 pedal dan 2 pemukul atau beater untuk mendapatkan suara yang lebih pada bass drum.
  2. Hihat stand:
    Untuk menempatkan hihat cymbal yang terdiri atas 2 buah cymbal sehingga anda dapat membuka dan menutup kedua cymbal itu dengan kaki kiri anda.
  3. Cymbal stand:
    Untuk menempatkan segala macam jenis cymbal kecuali hihat.
  4. Snare stand:
    Untuk menempatkan Snare drum dan anda dapat merubah posisinya sesuka anda.
  5. Tom holder/tom stand:
    Berguna untuk memasang tom-tom.
          Drumhead mempunyai ukuran, type, fungsi dan ketebalan yang berbeda. Drumhead terdiri atas 3 bagian; Pertama Batter head, yaitu drumhead yang dirancang khusus untuk dipukul. Kedua, Resonant hanya ditaruh pada bagian bawah tom-tom dan bagian depan bass drum. Head ini tidak untuk dipukul, head ini berguna untuk memberi 'hidup' pada tom-tom dan bass drum. Dan terakhir adalah snare side, khusus hanya untuk ditaruh dibagian bawah snare untuk mendapatkan suara snare wirenya. Snare side merupakan head yang paling tipis. Ingat, tidak untuk dipukul.


          Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

Gitar

Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.
Karateristik
  • Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi.
  • Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih.
  • Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering pula di sebut sebagai gitar klasik
  • Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.
  • Setiap gitar rata-rata memiliki setelan nada yang berbeda. Hal ini bergantung kepada penggunaan gitar serta keinginan oleh pengguna gitar itu.

     Nada yang paling umum digunakan adalah: E-B-G-D-A-E
    Senar Notasi Saintis Notasi Umum Frekuensi
    Pertama E4 e' 329.63 Hz
    Kedua B3 b 246.94 Hz
    Ketiga G3 g 196.00 Hz
    Keempat D3 d 146.83 Hz
    Kelima A2 A 110 Hz
    Keenam E2 E 82.41 Hz
    Nada di atas berurut mulai dari senar pertama hingga senar keenam. Senar pertama memiliki nada paling tinggi, lalu hingga senar keenam yang memiliki nada paling rendah. Nada tersebut dapat dihasilkan dengan melakukan penyetelan pada gitar.
    Apabila senar ditekan pada bagian frets, maka akan menghasilkan nada yang berbeda - beda.

    1. "Headstock" (kepala) (1)
    2. "Nut" (2)
    3. Alat Pemutar (3)
    4. Frets (4)
    5. "Neck" (Leher) (7)
    6. Heel (Penghubung) (8)
    7. Badan Gitar (9)
    8. "Bridge" (12)
    9. Bagian Belakang (14)
    10. "Soundboard" (Bagian Penghasil Suara / kotak resonansi) (15)
    11. Bagian Sisi (Samping) (16)
    12. Lubang suara (17)
    13. Senar (18)
    14. "Saddle" (19)
    15. "Fretboard" (Fingerboard) (20)
     
Ref : http://id.wikipedia.org/wiki/Gitar_akustik

Sejarah Bass

Gitar bass listrik (biasa disebut Bass listrik atau bass saja) adalah alat musik senar yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam
senar).Gitar bass mirip dalam penampilan dan konstruksi untuk gitar listrik, tapi dengan leher yang lebih panjang dan panjang skala, dan string empat, lima, atau enam. String bass empat-yang paling umum biasanya disetel-sama dengan double bass, yang sesuai dengan pitch satu oktaf lebih rendah dari empat senar gitar yang lebih rendah (E, A, D, dan G). Gitar bass adalah instrumen transpos, seperti yang dinotasikan dalam bass clef satu oktaf lebih tinggi daripada kedengarannya (seperti double bass) untuk menghindari garis buku besar yang berlebihan. Seperti gitar listrik, gitar bass dipasang ke amplifier dan speaker untuk pertunjukan live.

Sejak tahun 1950-an, gitar bass telah digantikan double bass dalam musik populer sebagai instrumen bass di bagian ritme. Sedangkan jenis basslines dilakukan oleh bassis sangat bervariasi dari satu gaya musik lain, bassis memenuhi peran serupa dalam sebagian besar jenis musik: penahan kerangka harmonis dan meletakkan mengalahkan. Gitar bass digunakan dalam banyak gaya musik termasuk rock, metal, pop, punk rock, negara, reggae, blues, dan jazz. Hal ini digunakan sebagai instrumen bermain solo dalam jazz, fusi, Latin, funk, dan dalam beberapa gaya rock dan metal.
Sejarah
1930-an 1940-an
Pada 1930, musisi dan penemu Paul Tutmarc dari Seattle, Washington, mengembangkan senar bass listrik pertama dalam bentuk modern, suatu instrumen yang dirancang cemas akan diadakan dan diputar horizontal. The 1935 penjualan katalog untuk perusahaan alat elektronik musik Tutmarc itu, Audiovox, fitur nya "Model 736 Fiddle Bass," empat senar, padat bertubuh, cemas bass instrumen listrik dengan panjang 30 ½ inci skala. Perubahan ke "gitar" bentuk membuat instrumen lebih mudah untuk menahan dan transportasi, dan penambahan frets bassists diaktifkan untuk bermain dalam lagu dengan lebih mudah. Sekitar 100 dari instrumen ini dibuat selama periode ini.
Sekitar 1947, anak Tutmarc itu, Bud, memulai pemasaran bass yang sama dengan nama merek Serenader, menonjol diiklankan di LD nasional didistribusikan Heater Co pemborong katalog grosir '48. Namun, penemuan Tutmarc keluarga tidak mencapai keberhasilan pasar.

Th 1950
Pada 1950-an, Leo Fender, dengan bantuan karyawan-nya George Fullerton, dikembangkan diproduksi secara massal listrik pertama bass. Fender Precision Bass Nya, diperkenalkan pada tahun 1951, menjadi standar industri disalin secara luas. Bass Precision (atau "P-bass") berevolusi dari yang sederhana, uncontoured desain "slab" tubuh yang mirip dengan sebuah Telecaster dengan single coil pickup, untuk desain tubuh berkontur dengan tepi miring untuk kenyamanan dan satu empat-kutub "single coil pickup." Ini "split pickup", diperkenalkan pada tahun 1957, tampaknya telah pickup mandolin dua (Fender adalah pemasaran empat senar mandolin listrik tubuh padat pada saat itu). Karena potongan tiang dari kumparan terbalik dengan menghormati satu sama lain, dan mengarah juga terbalik dengan menghormati satu sama lain, kedua kumparan, kabel secara seri, menghasilkan efek humbucking (efek yang sama tercapai jika kumparan kabel secara paralel).
Sebuah Jazz Bass Fender Standar (depan dan belakang views)
The "Fender Bass adalah instrumen baru yang revolusioner, yang dengan mudah bisa dimainkan oleh gitaris listrik, dapat mudah diangkut ke sebuah pertunjukan, dan bisa diperkuat hanya tentang volume tanpa makan kembali" Biksu Montgomery adalah yang pertama pemain bass untuk wisata dengan gitar bass Fender, dengan band pascaperang besar Lionel Hampton Roy Johnson, yang menggantikan Montgomery di band Hampton, dan Henry Shifty dengan Louis Jordan & His Tympany Lima,. adalah perintis Fender lainnya awal BassBill Black, bermain dengan Elvis Presley, mengadopsi Fender Bass Precision sekitar tahun 1957.
Setelah memimpin Fender, Gibson merilis Bass berbentuk biola listrik dengan pin diperpanjang akhir tahun 1953, memungkinkan untuk dimainkan tegak atau horizontal. Gibson namanya Bass Electric pada tahun 1958 sebagai EB-1 [12] (EB-1 dikeluarkan kembali sekitar tahun 1970, tapi kali ini tanpa akhir pin.) Juga pada tahun 1958 Gibson dirilis maple melengkung EB-2 atas dijelaskan dalam Gibson katalog sebagai A bass listrik berlubang-tubuh yang memiliki fitur tombol tekan Bass / Baritone untuk dua karakteristik tonal yang berbeda [13] Pada tahun 1959 ini diikuti oleh EB-0 lebih konvensional tampak Bass.. EB-0 sangat mirip dengan Gibson SG dalam penampilan (walaupun contoh awal memiliki bentuk tubuh kurus lebih dekat dengan yang dari-cutaway ganda Les Paul Khusus).



tambahan:
bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar electric biasa, hal ini dikarenakan senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi takanan pada "neck" (leher gitar.
selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.
ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan ciello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), electric bass (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta "fretless" bass yang sama dengan electric bass tapi tidak ada fret(kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja fretless bass mirip dengan contra/ciello bass hanya saja berbentuk gitar electric.

Senar dan tuning
  • Empat senar
Biasanya di-tune "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "F-C-G-D" atau "F-C-G-C"
  • Lima senar
Biasanya di-tune "G-D-A-E-B" tapi terkadang "C-G-D-A-E".
  • Enam senar
Biasanya di-tune "C-G-D-A-E-B" atau "B-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.
Tuning di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), dimana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).
Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar ataupun enam senar dikarenakan lebih luasnya range nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dipungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya range nada yang bisa dimainkannya.

Ref : http://partiturku-partiturku.blogspot.com/2011/09/sejarah-bass.html
        http://www.wikipedia.com

Asal Mula Piano

          Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasa Italia. Piano dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mula piano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar pada abad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang.
          Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi. Asal muasalnya, piano dikembangkan dari alat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik. Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.
          Secara umum, piano termasuk ke dalam kelompok musik instrumental. Piano memproduksi suara dari getaran papan suara yang volumenya dapat diperkuat (dapat diatur besar kecilnya).Secara luas, piano di dalam musik dapat menjadi performa pada nyanyian tunggal dan sebagai pengantar nyanyian solo. Dalam artian, piano dapat hidup dan mengiringi penyanyi tanpa bantuan atau iringan alat musik lain. Suara yang dihasilkan piano sudah dapat mewakili alat musik lainnya. Meskipun demikian, piano akan lebih berarti lagi didengar dengan bantuan alat musik lain. Yang perlu ditekankan di sini, piano dapat mengalun indah tanpa bantuan alat musik lain. Tidak sama halnya dengan alat musik lain, yang kurang enak didengar tanpa dilengkapi piano. Banyak musik-musik instrumen yang bersinar karena andil dari piano.

Perkembangan Piano

          Pada akhir periode 1790 sampai 1860, piano era Mozart mengalami perubahan yang hebat, dimana instrumen modern semakin terlihat memimpin. Pada revolusinya, piano banyak mendapat dukungan dari komposer dan pianis-pianis terkenal yang mengiringi perkembangannya. Sehingga piano dalam musik semakin memiliki power yang tinggi. Teknologi dalam pembuatan piano pun semakin menggunakan alat-alat berteknologi tinggi.
          Dalam beberapa waktu, gaya suara piano meningkat. Dari 5 oktav menjadi 7 1/3 (atau bahkan lebih) oktav, ini menandakan piano semakin modern. Kemajuan teknologi ini banyak bersumber dari perusahaan di Inggris, Broadwood. Selama bertahun-tahun, instrumen buatan Broadwood mengalami perkembangan menjadi lebih banyak jenisnya, lebih baik suaranya, juga dikemas secara baik dan rapi.
          Perusahaan Broadwood mengirim piano mereka kepada Hadyn dan Beethoven. Cakupan kemampuan piano yang mereka kirim itu lebih dari lima oktaf. pada tahun 1790an, tahun 1810 menyusul menjadi enam oktav, sampai pada tahun 1820 akhirnya menjadi tujuh oktav. Sampai-sampai banyak perusahaan pembuat piano mengikuti trend ini.
          Bercerita tentang piano sama halnya seperti menceritakan seorang superstar. Seperti layaknya seorang superstar, piano yang terkenal itu juga banyak dikagumi berbagai kalangan. Piano bisa masuk dalam industri musik dan perfilman, yang dengan mudahnya dilihat dan didengar siapa saja.
Sejak tahun 1830-an, konser piano selalu di idolakan banyak penggemar musik. Setiap para pianis terkenal menggelar konsernya, kerap kali dipadati oleh para penggemar. Mereka selalu berbondong-bondong mengantri tiket konser piano seperti semut. Karena bagaimanapun juga, piano bisa masuk ke hampir seluruh musik terkenal.
          Contoh pada ke-27 konser piano yang digelar Mozart. Konser ini benar-benar merupakan konser musik instrumental yang tanpa bantuan iringan penyanyi ternyata tetap dapat lebih dinikmati. Inilah kehebatan yang dimiliki alat musik piano. Permainan pada konser piano bisa terlaksana dengan baik secara solo (sendirian), duo (berdua), trio (bertiga), maupun kuartet (berempat). Hal ini telah dibuktikan sejak lama oleh para pianis terkenal seperti Mozart, Hadyn, Beethoven, Schubert, Schumann, Mendelssohn dan Brahms.

Ref : http://simphonymusic.com/info/sejarah-perkembangan-alat-musik-piano/

Sejarah Dangdut

         Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.
          Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) musik India. Putu Wijaya awalnya menyebut dalam majalah Tempo edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran lagu Melayu, irama padang pasir, dan "dang-ding-dut" India. Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi "dangdut" saja, dan oleh majalah tersebut digunakan untuk menyebut bentuk lagu Melayu yang terpengaruh oleh lagu India. 
          Bangunan sebagian besar lagu dangdut sangat konservatif, sebagian besar tersusun dari satuan delapan birama 4/4. Jarang sekali ditemukan lagu dangdut dengan birama 3/4, kecuali pada beberapa lagu masa 1960-an seperti Burung Nuri dan Seroja. Lagu dangdut juga miskin improvisasi, baik melodi maupun harmoni. Sebagai musik pengiring tarian, dangdut sangat mengandalkan ketukan tabla dan sinkop.

Bentuk bangunan lagu dangdut secara umum adalah: A - A - B -A,

namun dalam aplikasi kebanyakan memiliki urutan menjadi seperti ini:

Intro - A - A - Interlude - B (Reffrain) - A - Interlude - B (Reffrain) - A
  
          Intro dapat berupa vokal tanpa iringan atau berupa permainan seruling, selebihnya merupakan permainan gitar atau mandolin. Panjang intro dapat mencapai delapan birama.
Bagian awal tersusun dari delapan birama, dengan atau tanpa pengulangan. Jika terdapat pengulangan, dapat disela dengan suatu baris permainan jeda (interlude). Bagian ini biasanya berlirik pengantar tentang isi lagu, situasi yang dihadapi sang penyanyi.
          Lagu dangdut standar tidak memiliki refrain, namun memiliki bagian kedua dengan bangunan melodi yang berbeda dengan bagian pertama. Sebelum memasuki bagian kedua biasanya terdapat dua kali delapan birama jeda tanpa lirik (interlude). Bagian kedua biasanya sepanjang dari dua kali delapan birama dengan disela satu baris jeda tanpa lirik. Di akhir bagian kedua kadang-kadang terdapat koda sepanjang empat birama. Lirik bagian kedua biasanya berisi konsekuensi dari situasi yang digambarkan bagian pertama atau tindakan yang diambil si penyanyi untuk menjawab situasi itu.
          Setelah bagian kedua, lagu diulang penuh dari awal hingga akhir. Lagu dangdut diakhiri pada pengulangan bagian pertama. Jarang sekali lagu dangdut diakhiri dengan fade away.